I lost my heart in Karimun Jawa

Sebenarnya ini adalah catatan perjalanan pada bulan juli 2016 lalu, namun karena kesibukan kuliah dan banyak kerjaan jadi baru sempet nulis catatan perjalanan ini sekarang hehe. Dengan bermodalkan nekat dan juga dana seadaanya, aku bersama 4 teman ku fandi, didik, runa, dan diana nekat untuk pergi ke karimun jawa dengan ala ala backpacker gembel gitu hehe

kami berangkat menggunakan KA dari stasiun kepanjeng, Malang menuju stasiun tawang, Semarang. Kenapa aku memilih tujuan stasiun di Semarang? yap, karena stasiun terdekat dari kota Jepara adalah stasiun tawang di Semarang. Kami berangkat jam 19.00 WIB dari malang dan sampai di stasiun tawang, Semarang pada jam 04.00 WIB. Badan pegel karena duduk di kursi kereta yang 90 derajat itu selama 9 jam, kami lanjutkan lagi perjalanan menggunakan mini bus ke pelabuhan kartini, Jepara selama 2 jam. Satu-satunya akses laut menuju karimun jawa ya melalui pelabuhan kartini ini. "Perlu diingat, kapal penyebrangan dari pelabuhan kartini - karimun jawa hanya ada 1 kali penyebrangan setiap hari tergantung cuaca yakni pada jam 09.00 WIB. Jadi mesti datang pagi banget". Kami sampai di pelabuhan kartini pada jam 06.00 WIB dan booommm antrian tiketnya panjang banget padahal masih jam segitu yaaa.

Setelah lama ngantri di antrian yang panjang banget itu, akhirnya selesai sudah perjuangan ku mendapat kan tiket itu. Tiket aku dapat dengan harga 60rb one way. Daaan perjalanan dimulai. Perjalanan laut ini aku tempuh selama kurang lebih 5-6 jam, kebayang kan gimana rasanya terombang ambing di laut selama 5-6 jam. Yap aku mual dan pusing parah selama perjalanan. Akhirnya aku memutuskan untuk tidur di sisa perjalanan. Waktu tak terasa akhirnya aku pun sampai di Karimun jawa. BOOOOMMM !!

DAY 1

Karimun jawa pada bulan juli cukup rame karena emang bulan juli lagi musim liburan lebaran. Jadi tau sendiri lah rame dan hebohnya seperti apa hehe. Sesampainya disana kami langsung nyari penginapan selama 2 hari disini. Kami sengaja mencari penginapan di dekat alun-alun karimun jawa karena emang pusat keramaian ada disana. "Karimun jawa ada alun-alun nya loh gaes hehe".

Kami menginap di Homestay puri karimun dengan harga 200rb per malam. Homestay nya lumayan bersih dan pelayanan nya sangat ramah sekali, jadi recommended banget nginap disini gaes dengan harga kantong backpacker nya hehe. "Dan jangan lupa nyewa motor disini karena pulau ini cukup besar, jadi untuk keliling pulau ini harus pake motor".

Setelah naruh barang dan bersih-bersih, kami pun langsung pergi ke spot-spot keren disini karena udah sore hari. Tempat pertama kami ke Anora view point. Jadi tempat ini seperti bukit dengan view pantai anora yang berpasir putih dan laut nya yang berwarna biru tosca. Perjalanan ke anora ini butuh waktu sekitar 30 menit dengan jalan yang super duper rusak. Lokasi nya ada di sebelah barat pulau karimun jawa, dekat dengan hutan mangrove tapi kami tidak ke hutan mangrove karena udah sore. Padahal lokasinya lumayan deket juga. Setelah perjalanan selama 30 menit, akhirnya kami sampai di anora view point. Untuk masuk kesini cuman bayar 5rb per orang. Daaan Boooooom keren parah gaes, ekspektasi ku tentang tempat ini emang benar, view keren pantai anora dengan pasir putih dan laut biru tosca nya.

Puas foto-foto disini, kami lanjut ke spot berikutnya di Bukit love. Lokasinya sih lumayan deket dari dari pantai anora ini, sekitar 15 menit aja. cuman karena jalannya yang rusak jadi terasa agak lama hehe. Jadi bukit love ini adalah bukit dengan view seluruh karimun jawa. Bisa liat sunset tapi karena kita kesana nya pas lagi mendung, jadi gak bisa liat deh sunset nya. Tapi di bukit love ini masih ada spot-spot buat foto yang keren tentunya apalagi kalo lagi sama pasangan hehe. Di bukit love ini ada juga icon dari karimun jawa yang lagi ngehits sekarang, icon dengan bertuliskan "KARIMUN JAWA" yang epic banget buat foto. Untuk menuju ke bukit nya udah ada akses buat motor, jadi gak perlu jalan deh keatas nya. Masuknya pun cuma bayar parkir aja 5rb per motor.

Hari mulai gelap, matahari sudah berada di ufuk barat. Kami beranjak pergi ke alun-alun karimun jawa untuk sekedar ngopi dan bercengkrama dengan wisatawan lain. Alun-alun ini di malam hari rame dan heboh banget hehe, karena disini pusat keramaian pada malam hari. Menikmati kopi sembari ngobrol dengan agen hoping islands pak Rokib, karena besok kami mau hoping islands full day. Setelah tawar menawar mengenai harga, akhirnya sepakatlah kita dengan harga 1,2 jt. Harga segitu menurutku udah lumayan murah sih dimana kita dapet kapal private bisa mengunjungi pulau-pulau disini, snorkling sepuasnya, dapet makan, pergi ke penangkaran hiu, retribusi masuk pulau, biaya sandar kapal, dan juga tentunya private trip cuman kami berlima. Mungkin lebih murah lagi kalo open trip bareng wisatawan lain. Setelah deal, kami langsung balik ke penginapan untuk istirahat karena besok kami mesti bangun pagi hari.

DAY 2 : Hoping island

Pagi hari kita terbangun jam 07.00 kami siap-siap untuk hoping islands full day. Gak lupa kami menikmati fasilitas breakfast yang disediakan penginapan. AJEEEB hehehe

Setelah sarapan dan siap-siap, kami lanjut menemui Pak Rokib di deket pelabuhan. And lets start the journey !!

Spot pertama kita langsung snorkling di Maer Spot. Menuju ke spot ini butuh waktu sekitar 20 menit. Di maer spot ini karangnya kurang begitu bagus sih tapi ada banyak ikan-ikan disana. dengan mengeluarkan roti yang aku bawa, ikan-ikan itu pun langsung bergerombol mengikuti ku berenang. "Serasa artis yang digerombolin fans-fans nya nih hehehe".

Puas berenang dan foto-foto bareng ikan disini, kita lanjut ke pulau menjangan kecil yang lokasinya lumayan deket sih dari Maer spot ini. Dan di pulau menjangan kecil, banyak kapal-kapal dari wisatawan yang juga sedang hoping islands bersandar disini. Pulau nya sih gak terlalu besar, jadi kalo mau keliling pulau ini dengan jalan kaki juga bisa kok. Disini juga ada penginapannya loh gaes, dan mayoritas yang menginap disini ya bule-bule gitu. Mungkin ya karena harga nya selangit, jadi gak ada wisatawan lokal yang menginap disini. Di pulau ini juga ada ayunan dipinggir pantai, instagramable banget dah pokoknya hehe.

Kami jalan-jalan di pulau ini menikmati pemandangan yang keren tentunya sembari menunggu makanan yang sedang dimasak oleh pak Rokib. "Tau aja nih kalo kita lagi laper hehehe".

Puas makan, perut kenyang lanjut lagi kami bakal snorkling di spot selanjutnya. Di spot ini tentunya lebih bagus daripada spot snorkling sebelumnya, namanya Nemo Spot. Kata pak Rokib, tak banyak guide yang tau letak Nemo Spot ini. "Kita beruntung banget yak dapet guide pak Rokib hehe".

Lumayan jauh lokasinya dari pulau menjangan kecil ini, terombang ambing selama 30 menitan kita diatas laut. Sesuai dengan namanya, di spot ini terdapat banyak ikan nemo. YEEEEAAAYYY

NYEBUR LANGSUNG CEKREK hehehe

Puas foto-foto, lanjut lagi ke spot berikutnya, kali ini bukan spot snorkling lagi tapi pantai. Nama pantai nya yakni Pantai ujung gelam. Sebenarnya letak pantai ada di pulau karimun jawa nya sendiri, karena kemarin kita belum sempet kesini dan letak nya yang ada di ujung barat akhirnya aku mengajak pak Rokib ke pantai ujung gelam ini. Pantai nya sih keren, ada pohon kelapa yang miring jadi epic banget buat foto. Ada juga bebatuan granit di pinggiran pantai (serasa di belitung deh) dan pasir nya putih, lengkap deh pokoknya.

Di sebelah pantai ujung gelam ada lagi pantai namanya pantai batu topeng tapi kita gak sempet pergi kesana karena sebelumnya kita gak tau kalo pantai batu topeng ini bersebalahan dengan pantai ujung gelam. Katanya sih bagus, "KATANYA"

Dan spot terakhir yang bakal kita kunjungi yakni penangkaran ikan hiu. Jadi disana kami bakal berenang bareng ikan hiu. WIIIIHHHH

Letaknya ada di pulau menjangan besar. Sebenernya ada di deket pulau menjangan kecil tadi, jadi agak jauh lagi deh lokasinya. Tapi semua itu terbayar dengan bisa foto-foto bareng ikan hiu. Jadi di penangkaran hiu ini ada 2 kolam berbeda. Kolam pertama, berisi ikan hiu putih. Jadi di kolam ini gak boleh meletakkan tangan kita dalam air karena bisa digigit sama si hiu putih. Si hiu putih menganggap kita memberi kan makanan kepadanya jadi bisa digigit deh. Kebayang kan gimana kalo digigit sama hiu putih. So, you must be carefull.

Dan di kolam kedua, berisi ikan hiu yang biasa. Jadi kalian bisa bebas berenang bareng ikan hiu deh. Tapi tetep hati-hati ya

"Ngeri juga sih hehehehe".

Yap hoping islands full day mulai pagi sampai hampir magrib puas banget. Dan kami balik lagi ke penginapan untuk istirahat. Karena besok kita mesti perjalanan panjang lagi balik ke Malang.

DAY 3

Hari terakhir kita di Karimun Jawa, kami siap-siap, packing barang-barang untuk balik ke Malang. Jadwal penyebrangan dari Karimun jawa - Pelabuhan kartini hanya 1 kali sehari yakni pada jam 13.00 WIB. Jadi harus siap-siap sebelum jam segitu. Harga tiketnya pun sama seperti harga tiket pelabuhan kartini-karimun jawa. Jadi mending langsung beli tiket PP aja di pelabuhan kartini karena antrian nya disini juga panjang banget tentunya.

Dan selesai sudah perjalanan ku di Kepulauan Karimun jawa ini. Pulau yang sangat indah dan juga masyarakat lokalnya yang ramah banget. Pengen deh balik kesini lagi one day.
I lost my heart in Karimun Jawa I lost my heart in Karimun Jawa Reviewed by Jerry marta on Wednesday, March 01, 2017 Rating: 5