AMAZING ISLAND : GILI KETAPANG (catatan perjalanan)




Jujur aja aku baru mendengar sebuah nama pulau di Probolinggo, Jawa Timur yang "katanya" memiliki keindahan bawah laut sangat indah yang tak kalah dengan Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Yap nama pulau itu adalah Gili Ketapang. Lokasi nya tak jauh dari pusat kota Probolinggo yakni berada di sebelah timur laut kota Probolinggo. Pulau ini masih belum terlalu tereksploitasi, jadi belum banyak pula wisatawan yang datang kesini.

pantai mayangan Bee Jay Bakau Resort




Jadi kali ini aku akan melakukan trip ke Gili Ketapang dan juga Bee Jay Bakau Resort bareng 4 temen cewek (strong women hehe) dan 2 cowok  kampus ku. Bee Jay Bakau Resort juga merupakan sebuah wisata yang terbilang baru di kota Probolinggo. Bee Jay Bakau Resort memiliki keunikan tersendiri yakni hutan bakau seluas 5 hektar yang dikelola secara bagus. Awal nya tempat ini adalah tempat yang sangat kumuh, namun kemudian ada inovasi dari pemuda - pemuda untuk menyulap tempat ini menjadi tempat yang indah. Bee Jay Bakau resort mungkin lebih dikenal oleh para wisatawan. Lokasi nya juga cukup dekat dari pusat kota Probolinggo.



Perjalanan kami mulai dari kota Malang jam 07.00 dan sampai di pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo jam 09.30. Setelah sampai di pelabuhan Tanjung Tembaga kami langsung ditemui temen ku yang merupakan orang asli Gili Ketapang, nama nya mas Akbar. Tanpa buang waktu lama kami langsung menaiki perahu motor milik warga setempat. Perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Tembaga menuju Gili Ketapang ditempuh sekitar 30 menit. Walaupun waktu yang ditempuh tidak terlalu lama , namun hempasan ombak sudah membuat aku merasa mual karena perahu yang aku tumpangi hanya perahu motor yang tak terlalu besar. 











perahu di dekat Gili Ketapang


 Setelah 30 menit terombang-ambing di laut, akhirnya kami sampai juga di Gili Ketapang. Tanpa buang-buang waktu, kami pun langsung ganti pakaian dan bersiap-siap karna kami akan Snorkling hehe. 

Dan BOOOOOMMMMM...... bawah laut Gili Ketapang memang sangat indah. Terumbu-terumbu karang disini masih sangat bagus dan juga ikan-ikan sangat banyak. Well, tidak rugi memang jauh-jauh kesini karna kami disuguhi pemandangan yang sangat indah. 












Well, setelah puas snorkling kami langsung bersih-bersih diri di rumah mas Akbar dan beruntungnya kami juga ditawari makan gratis di rumah mas Akbar hehe. Karena tenaga banyak terkuras ketika snorkling dan juga perut sudah sangat keroncongan, tanpa menolak kami menerima tawaran itu hehe :D


mas Akbar menghidangkan hasil tangkapan laut yang masih segar yaitu cumi dan ikan laut. Karena perut kami yang sudah sangat keroncongan, kami langsung menghajar makan dihidangakan hehe :D. Dan benar dugaanku rasa cumi dan ikan nya sangat enak sekali karena mungkin masih sangat segar.


rumah mas Akbar






Setelah puas makan, kemudian kami menuju ujung paling barat dari Gili Ketapang sembari menunggu dijemput oleh perahu motor untuk kembali ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Waktu pun kami manfaat kan dengan mengabadikan momen karena disini juga merupakan tempat favorit wisatawan untuk mengabadikan momen. Pasir putih yang panjang membuat suasana mengabadikan momen menjadi sangat indah.

















Yap tempat ini menjadi akhir dari perjalanan kami ke Gili Ketapang. Singkat terasa berada di pulau ini karena tertipu oleh keindahannya yang membuat waktu berjalan menjadi tak terasa. Dan kami harus kembali menyebrang ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo untuk kemudian melanjutkan ke spot wisata berikutnya yakni BJBR (Bee Jay Bakau Resort)

BJBR (Bee Jay Bakau Resort) merupakan hutan bakau yang dikelola secara bagus dan juga terdapat resort keren disana. Biaya masuknya yakni Rp. 15.000 untuk weekday dan Rp.30.000 untuk weekend. Karena waktu itu adalah hari sabtu maka kami harus membayar Rp.30.000 untuk masuk kesana. Cuaca tak mendukung waktu itu dengan cuaca mendung dan gerimis. Kami memutuskan untuk berteduh terlebih dahulu sembari menunggu gerimis reda. Setelah menunggu selama 15 menit, akhirnya gerimis pun reda dan kami langsung berkeliling di sekitar kawasan BJBR ini. Terdapat beberapa titik-titik untuk spot yang keren disini mulai dari vespa, becak, gembok cinta, bola  dunia, lengkap dah pokoknya.















AMAZING ISLAND : GILI KETAPANG (catatan perjalanan) AMAZING ISLAND : GILI KETAPANG (catatan perjalanan) Reviewed by Jerry marta on Tuesday, December 06, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.